Prodi KPI Universitas Ibn Khaldun Gelar Bedah Buku ‘Tafseer of Inspiration’

 Guna meningkatkan motivasi mahasiswa mencintai Alquran, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)  Universitas Ibn Khaldun Bogor,  menggelar bedah buku “Tafseer of Inspiration” bersama Prof Dr Zainal Arifin Zakaria, Kamis (9/6/2022).

Sebagai penulis, Prof Zainal mengatakan, para mahasiswa yang menekankan Islam sebagai dasar keilmuannya perlu memiliki buku saku dalam melanjutkan dakwah di masa depan.

“Buku tafsir ini ditulis dengan bahasa yang ringan lengkap dengan inspirasi dari setiap ayatnya. Karenanya, setiap mahasiswa jurusan dakwah sangat tepat menjadikan buku ini sebagai pegangan,” ujar Guru Besar UIN Sumatera Utara itu dalam acara bedah buku yang dihelat di gedung serbaguna Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Prof Zainal mengungkapkan keutamaan dan kemuliaan Alquran. “Fokus pada tiga fungsi Alquran, HIPP (Hidayah, Penjelasan Hidayah, dan Pembeda). Alquran diturunkan dengan semangat mudah dan memudahkan. Kebahagiaan di dunia itu 1 persen dan 99 persennya di Akhirat,” kata dia. Menurut Zainal, buku “Tafsir Inspirasi” secara khusus diluncurkan di Prodi KPI UIKA karena buku tersebut disusun sebagai bekal bagi para calon Dai, khususnya mahasiswa penyiaran Islam. 

Nirwan Syafrin Phd, kepala Program Studi KPI UIKA Bogor yang sekaligus editor buku tafsir tersebut untuk edisi bahasa Inggris turut serta mengupas kandungan buku. “Ini adalah kehormatan bagi kami. Diharapkan penerbitan buku ini dapat menjadi berkah untuk kebangkitan umat dimasadepan,” ucap Nirwan dalam siaran pers yang diterima Jumat (10/6/2022).

Menurut dia, buku “Tafsir Inspirasi” adalah buku Tafsir Quran berbahasa Inggris yang ditulis oleh sarjana Muslim menggunakan gaya bahasa yang menarik. “Gaya penulisan buku ini  tidak mengikuti buku-buku tafsir klasik,” ungkap Nirwan.

Ia berharap terbitnya buku “Tafsir Inspirasi” bisa berguna bagi umat Islam di dunia, khususnya para dai.  “Semoga bisa menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir hingga akhirat nanti,” kata dia. Di akhir acara, penulis menyerahkan secara simbolis buku tafsir ini diserahkan kepada Dekan Fakultas Agama Islam UIKA secara simbolis untuk dijadikan arsip di perpustakaan UIKA.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *