MAHASISWA KPI UIKA MAGANG DI MUI PUSAT :Memperkaya Konsep dan Teori Sekaligus Membangun Networking

Ada satu hal yang berbeda di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Jalan Proklamasi Jakarta, hari Senin 09 Oktober 2023 siang sekitar pukul 12.00 WIB. Ketika masuk waktu dhuhur, ritual yang berkaitan dengan shalat dhuhur dipimpin oleh orang-orang muda berseragam almamater kampus berwarna hijau. Mulai dari adzan dhuhur, imam shalat dhuhur, hingga ceramah kultum dhuhur, semua diinisiasi oleh anak-anak muda itu.

Tak pelak lagi, mereka itu adalah mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Ibn Khaldun (Uika) Bogor yang akan memulai program magang terstruktur di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, hari ini Senin 09 Oktober 2023. Rencananya, program magang tersebut akan berjalan lebih kurang 2 bulan, mulai awal Oktober hingga awal Desember 2023. Dan hari senin 09 Oktober 2023 adalah penyerahan secara resmi dari Fakultas dan Program Studi.

Untuk tahun ini, ada 9 orang mahasiswa KPI UIKA yang magang di MUI Pusat. Semuanya berkonsentrasi di peminatan studi dakwah. Mereka dibagi ke dalam 4 kelompok berdasarkan kebutuhan komisi di MUI Pusat. 3 orang di Komisi Fatwa, 2 orang di Komisi Ukhuwah, 2 orang di Komisi Infokom dan 2 orang di Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga (PRK).

Dalam sambutan yang diwakili oleh Wakil Sekretaris Jendral MUI Pusat, Ustadz Akbar Kurniawan, Lc. yang didampingi oleh Sekretaris Komisi Fatwa dan Sekretaris Komisi Infokom serta Kepala Bagian Humas, mengatakan bahwa MUI sangat menyambut baik program magang dari KPI UIKA Bogor. Setidaknya, menurut Ustadz Akbar, mahasiswa dapat belajar secara aktual dan faktual mengenai program dakwah di MUI sebagai wadah utama majelis yang menghimpun para ulama, zu’ama dan cendekiawan muslim Indonesia, dan berkumpulnya Organisasi masyarakat (Ormas) Islam dalam rangka membina umat melalui dakwah. Diharapkan, melalui program magang di MUI ini, mahasiswa kedepannya bisa menjadi kader dakwah masa depan.

“Jadikan program magang ini sebagai kesempatan untuk di manfaatkan sebaik mungkin dengan aktif kreatif. Banyak sekali program kegiatan di MUI. Sering-sering berkomunikasi dan bertanya, agar bisa mendapatkan output yang maksimal sebagai bahan laporan hasil magang. Banyak sekali kegiatan di MUI pusat yang bisa menjadi media pembelajaran untuk para mahasiswa. Semoga para mahasiswa bisa banyak mendapatkan pelajaran yang bermanfaat untuk kedepannya, ” harap Ustadz Akbar.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi KPI UIKA Bogor, Dr. Asep Gunawan, M. Ag., menyebutkan bahwa penyerahan peserta magang terstruktur di MUI Pusat adalah kloter terakhir dari rangkaian kegiatan penyerahan 6 kelompok peserta magang terstruktur KPI UIKA Bogor tahun 2023. Setelah minggu sebelumnya penyerahan di Kantor Lembaga Sensor Film (LSF) di Jakarta, Kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat di Jakarta, Kantor Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) di Jakarta, Graha Pena Radar Bogor Group di Bogor dan Kantor Studio Kalam TV di Bogor, hari ini adalah penyerahan peserta magang di Kantor MUI Pusat.

“Tujuan pembelajaran dan harapannya semuanya sama. Disamping diharapkan mahasiswa dapat mengkomunikasikan dan mengkolaborasikan konsep dan teori komunikasi dan penyiaran Islam yang sudah dikaji dan diaji di kampus selama 6 semester dengan dunia faktual aplikatif komunikasi dan penyiaran Islam sesungguhnya di lapangan, juga harapan lainnya mahasiswa dapat membangun harmonisasi sosial berupa nettworking komunikasi dan penyiaran Islam yang akan bermakna, bermanfaat dan menginspirasi kehidupan mahasiswa kedepannya,” ujar Kaprodi yang sering dipanggil dengan Abah Asgun itu.

Dalam bincang-bincang pengarahan langsung setelah penyerahan secara resmi, Sekretaris Komisi Fatwa dan Sekretaris Infokom, mengatakan harapan yang lebih kurang sama kepada mahasiswa. Ada banyak program kegiatan MUI Pusat yang dapat disinergikan dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Dan MUI Pusat terbuka untuk membantu pengembangan konsep diri dan potensi diri mahasiswa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *