KPI UIKA BOGOR GELAR KULIAH PRAKTISI KOMUNIKASI POLITIK

Rabu 13 Desember 2023, Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar perkuliahan praktisi di mata kuliah komunikasi politik dengan mendatangkan Agres Setiawan yang merupakan seorang ahli komunikasi politik yang sudah malang melintang di dunia konsultan komunikasi politik. Kegiatan ini di usung untuk membangun pemahaman para mahasiswa terkait cara pandang seorang komunikator dalam dunia perpolitikan. Kegiatan perkuliahan ini dilaksanakan di Fakultas Agama Islam (FAI) UIKA Bogor.

Kegiatan ini diawali dengan pengantar dari ketua Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Dr. Asep Gunawan, M.Ag. dengan menyampaikan tujuan dari mendatangkannya seorang konsultan komunikasi politik pada perkuliahan, beliau menyampaikan bahwa “kita mendatangkan seorang pakar konsultan komunikasi politik agar kita dapat mengetahui prinsip-prinsip komunikasi pada dunia perpolitikan serta dapat mempraktikkan secara langsung dengan bimbingan dari seorang yang ahli di bidangnya” ujar pria yang sering di sebut Abah asgun tersebut.

Berbagai macam materi disampaikan oleh Agres Setiawan, mulai dari pemaparan apa itu komunikasi politik, unsur-unsur yang terdapat dalam komunikasi politik hingga menceritakan pengalaman pribadi nya ketika dia menjadi seorang konsultan komunikasi politik.

Konsultan komunikasi politik sangatlah dibutuhkan oleh seorang yang hendak mencalonkan diri sebagai pemimpin rakyat, karena ia perlu menciptakan citra yang baik di masyarakat agar dia mampu merauk banyak suara ketika ajang pemilu telah tiba. Hal itu turut disampaikan oleh Agres Setiawan, bahwa “Kebutuhan sebagai seorang pemimpin ialah untuk dikenal oleh khalayak masyarakat, dan hal tersebut dilakukan dengan membangun branding diri dengan menggunakan Konsultan komunikasi politik ” ucap nya.

Kegiatan pembelajaran terlaksana dengan begitu baik, banyak lontaran pertanyaan yang diajukan ketika sesi pembelajaran serta membuat para mahasiswa terkesan dan tergerak untuk membangun personal brandingnya di masyarakat.

Yulia Apriyani salah seorang mahasiswi turut menyampaikan kesan ketika ia mendengarkan pemaparan materi dari Agres Setiawan ia menyampaikan bahwa “pemaparan materi dari pak Agres begitu mengesankan, beliau menyampaikan materi dengan di iringi implementasi yang nyata dimasyarakat dan menghasilkan impact yang begitu besar, serta menghasilkan banyak sekali pendapatan dari profesi sebagai seorang konsultan komunikasi politik” ucap Apriyani.

CC : Ikbal Riyadi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *